Senin, 21 September 2015

Cara Mengetahui Toko Online Penipu

Belanja Online sudah menjadi fenomena baru dalam masyarakat kita. Banyak sekali bermunculan toko online mulai dari yang kecil hingga yang besar, dari yang sekedar jualan lewat forum sampai yang membuat website sendiri. Semuanya menawarkan produk yang tak kalah kualitasnya dengan yang di toko, bahkan sering kali produk online lebih lengkap dibandingkan dengan toko offline.

Dengan kelebihan tersebut tidak heran rasanya jika toko online ataupun belanja online menjadi semakin populer mengalahkan toko offline. Selain kelengkapan yang lebih bervariasi, juga harga yang lebih murah dibandingkan dengan toko offline. Bagaimana tidak? Ongkos untuk membuat website tentu lebih murah dibandingkan dengan membuat toko real. Selain itu biaya operasionalnya pun pasti jauh lebih murah sehingga akan berdampak pada harga jual produk yang dapat ditekan untuk menarik pasar atau konsumen.

Namun begitu banyak pihak yang masih menyangsikan keamanan belanja onlineseperti itu, baik dari hal penipuan, barang tidak dikirim, produk palsu dan sebagainya yang tidak mungkin terjadi pada toko offline. Inilah beberapa kelemahan mutlak dari belanja online di mana tidak akan terjadi pada transaksi offline.

Kita sebagai pembeli yang sudah terlanjur nyaman dengan belanja online harus super hati-hati jika memilih toko online yang ingin kita ajak transkasi. Beberapa tips yang mungkin bisa Anda terapkan untuk mem-filter toko online yang tidak aman antara lain.

  1. Anda bisa cek apakah toko online tersebut aman atau tidak di situs polisionline.com. Dalam website tersebut ada beberapa list website toko online yaitu BLACKLIST dan WHITELIST. Jika ternyata toko yang Anda cari masuk dalam daftar BLACKLIST mereka maka STOP transaksi Anda, carilah toko yang lain. Namun jika toko yang Anda cari masuk dalam daftar WHITE LIST jangan tergesa-gesa, lanjutkan poin di bawah. Karena biar bagaimanapun tidak selamanya yang terdaftar di POLISIONLINE sebagai situs terpercaya itu AMAN. Ini hanya salah satu indikator saja semakin banyak indikator aman maka akan semakin baik untuk Anda.
  2. Testimoni
    setiap toko online pasti memiliki testimoni dari para pelanggannya, testimoni tersebut bisa menjadi acuan kita dalam menilai suatu toko onlie aman atau tidak. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa bisa saja yang terlihat adalah testimoni palsu, sehingga kita harus pandai-pandai mengenali mana testimoni yang asli dan yang palsu. Untuk mengenali testimoni yang baik :
a) dalam testimoni terdapat link pelanggan – sehingga kita bisa menghubungi pelanggan tersebut dan melakukan konfirmasi apakah benar dia pernah memberikan testimoni untuk situs itu tadi.
    b) .....

    Lanjut Cara Mengetahui Toko Online Penipu [PART2]